jayengrane/ April 19, 2019/ Iptek/ 0 comments

2,494

Sobat JayenRane sekalian, khususnya kamu yang profesinya sebagai Pendamping PKH. Saat melakukan proses entry ePKH, tentunya kita berharap semuanya berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Lebih-lebih adanya dateline yang terkadang diberikan waktu yang mepet, belum lagi masih banyak dateline pekerjaan lain yang menumpuk seperti Pendampingan pencairan Bansos PKH dan BPNT hingga laporan rekonsnya, belum lagi verifikasi dan sebagainya. :mrgreen: :mrgreen:  :mrgreen:

Oke Oke, kita fokus saja pada proses entry ePKH untuk pemutakhiran yang tidak sesuai dengan expektasi. Lho kok bisa gitu ya ?

Ya iya lah bisa saja hal itu terjadi, tuh buktinya banyak sekali ngeluh jaringan lemot lah, website tidak bisa diakses lah, bentar-bentar logout sendiri lah 🙄 🙄 🙄 🙄 .

Hal itu umumnya terjadi karena banyak yang akses situs yang sama sehingga terkadang website tersebut terkesan lemot karena secara sederhananya kita seolah rebutan air dari pipa dan keran yang sama. Untuk itu kita harus menyiasatinya dengan mencari jalur jaringan yang lebih besar daya aksesnya atau mencari pipa dan keran lain yang mungkin lebih besar aliran airnya. Dalam kaitannya dengan entry ePKH, kita sebut VPN (Virtual Private Network).

Umumny ada banyak VPN yang bisa sobat gunakan, baik yang gratis maupun yang berbayar. Namun kali ini kita fokus membahas VPN yang digunakan melalui ekstensi browser.  VPN yang mimin maksud adalah Cyber Ghost VPN.

Baiklah, tanpa banyak basa basi yang bikin ribet, yuk simak bagaimana caranya :

  1. Melalui Browser Google Chroome

Langkah pertamanya, silahkan sobat buka browser Google Chrome

entry ePKH melalui Google Chrome

Arahkan kursor pada tanda titik 3 yang ada di halaman browser Google Chrome anda dan klik tanda tersebut (lihat tanda panah)

Klik tanda titik 3 dan pilih More Tools

Setelah mengklik tanda titik 3 tersebut nantiny akan muncul seperti gambar diatas. Selanjutnya silahkan pilih More Tools ——> Pilih Extensions. Setela itu pasti akan muncul seperti gambar dibawah ini.

Pilih extension entry epkh

Disitu tentunya belum ada exstensi CyberGhost VPN, untuk menambahkannya, kalian perlu mengaktifkan tombol Developer mode pada pojok kanan browser kalian.

Untuk menambahankan extensi CyberGhost VPN, kalian harus masuk dulu ke halaman Google Webstore (Silahkan di Klik) dan tampilanny akan seperti gambar dibawah ini

Menambah ekstensi CyberGhost VPN

Setelah itu klik Search The Store dan Ktik lalu tekan enter

Exstensi CyberGhost VPN untuk entry epkh

Arahkan kursor kalian ke Add to Chrome pada CyberGhost VPN dan klik

Pilih add extensi

Tunggu beberapa detik, selanjutnya silahkan kalian cek apakah extensi CyberGhost VPN sudah terpasang pada Browser kalian.

mengeck CyberGhost VPN

Lihat lingkaran pada tanda panah merah tersebut dan klik tanda CyberGhost VPN.

Pilih cyberghost tersebut

Setelah itu, kalian tinggal menggeser tombol power yang ada pada gambar extensi CyberGhost yang muncul tersebut ke arah kanan hingga muncul tulisan berwarna hijau seperti gambar berikut.

Entry Epkh Kemsos

Selanjutnya kalian bisa memilih jalur akses yang kalaian inginkan pada bendera negara dan namanya tersebut.  Disana ada beberapa jalur akses yang kalian bisa pilih, diantaranya Germany, Netherland, Romania, dan USA.

Setelah Ekstensi CyberGhost VPN terpasang dan menyala, maka sobat bisa langsung mencoba masuk ke halaman Website ePKH milik Kemsos dan login seperti biasanya dan buktikan perbandingannya, dijamian tidak akan logout dengan sendirinya lagi. Ini sudah dibuktikan meskipun menggunakan jaringan yang minim dan lemot seperti di Desa Belanting Kecamatan Sambelia.

Selamat mencoba dan jangan ngeluh lagi ya….

Semoga bisa selesai sesuai dateline yang telah ditentukan

Jangan lupa dishare jika menurut kalian bermanfaat. Silahkan komentar juga jika ada kendala.

To be Continue Melalui Browser Mozila FireFox

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*